Jumat, 22 Mei 2015

Cara Membuat Kerajinan dari Barang Bekas

Kerajinan tangan dari barang bekas memang sedang digemari akhir-akhir ini. Bagaimana tidak banyaknya bahan yang tersedia dan juga sebagai hobi untuk mengisi waktu luang agar tidak bosan berdiam diri di rumah ketika libur. Barang-barang bekas yang ada di rumah kadang berakhir di tempat sampah dan akhirnya hanya menjadi sampah yang tidak dapat diolah sehingga mencemari lingkungan dan menyebabkan banyak bencana. Ngeri ya? memang begitulah adanya. Oleh karena itu ada baiknya kamu belajar memanfaatkan kerajinan dari bahan bekas sehingga bisa membantu mengurangi sampah yang ada di lingkungan.


Mungkin kamu juga ingin membuat kerajinan dari barang bekas tapi bingung mau dijadikan apa barang bekas itu. Beberapa ide kerajinan di bawah ini mungkin bisa memberikan inspirasi buat kamu dalam memanfaatkan barang bekas itu. Untuk membuat kerajinan yang baik tidak perlu menjadi seniman atau atau profesional tetapi kamu cukup memiliki ketekunan untuk membuat sebuah karya. Berikut adalah kerajinan dari barang bekas yang unik dan kreatif.

Kerajinan Barang Bekas dari Bohlam


Apakah kamu masih memakai bohlam sebagai alat penerangan dirumah kamu? Segera ganti lampu bohlam kamu dengan lampu hemat energi yang lebih terang dan juga menghemat biaya rutin bulanan.

Selanjutnya kamu bisa memanfaatkan lampu bohlam sebagai bahan membuat vas bunga yang unik dan cantik. Untuk membuatnya kamu cukup mengikuti gambar di bawah ini.


Kerajinan Bahan Bekas dari Sendok Plastik


Ide awal membuat desain lampu dengan bahan sendok plastik ini di buat oleh Yaroslav Olenev.

Dengan idenya ini dia mendapatkan penghargaan pada nominasi "Desain dan Ekologi" yang diselenggarakan oleh majalah "FutureNow" pada tahun 2010. Untuk membuat lampu ini kamu memerlukan botol minuman plastik, lem tembak, sendok plastik, cutter, lampu hemat energi, tang potong, dan beberapa meter kabel sesuai dengan keperluan.


Kerajinan Bahan Bekas Lapu Hemat Energi


Tarif PLN naik terus? Pengen punya lampu yang bisa menyala tanpa memakai listrik inilah solusinya.

Dengan membuat lampu dari botol plastik yang telah diisi dengan air sampai penuh bisa menerangi garasi, rumah, maupun gudang tanpa menambah tagihan listrik tentunya. Lampu ini memiliki 50-60 watt dari terik matahari. Ide ini pertama kali ditemukan di Filipina dan diterapkan untuk membantu penerangan di perumahan kumuh di sana.


Kerajinan Bahan Bekas Vas dan Tempat Lilin

Dengan bahan mangkuk bekas makanan kaleng dan beberapa penjepit untuk jemuran. Kamu juga bisa membuat sebuah vas untuk tanaman agar terlihat klasik dan tampak natural.

Ditambah dengan sebuah gelas dan lilin yang telah menyala di tengahnya. Kamu bisa merasakan suasana restoran mahal dan makan malam yang romantis di meja makan.


Semoga beberapa kerajinan yang terbuat dari bahan bekas ini memberikan sebuah inspirasi. Jangan pernah berhenti untuk berkreasi dengan berbagai bahan yang sekiranya masih bisa dibuat kerajinan tangan yang unik dan menarik.

2 komentar:

  1. Stainless steel vinodermagmatic trim hair cutter reviews
    Stainless stiletto titanium hammer steel VINODermagmatic trim hair cutter Reviews. 3.1/5. titanium curling iron Reviews. This where to buy titanium trim razor has some serious grip titanium sunglasses and a titanium trim nice long handle. Rating: 4.9 · ‎23 reviews

    BalasHapus